WARTAKINI.co – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) merupakan program kekarantinaan kesehatan di Indonesia yang dijadikan upaya untuk mencegah penyebaran virus severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2).
Sejumlah kota dan kabupaten di Tanah Air sudah dan segera menerapkan PSBB. Dimulai dari DKI Jakarta, dan kini menyusul Bogor, Depok, Tangerang Raya, Bekasi, dan wilayah lainnya.

1. Jangan keluyuran jika gak ada urusan penting

Ini Hal yang Bisa dan Gak Bisa Kamu Lakukan Saat PSBBFoto : (IDNTimes.com/dok.istimewa)

Dalam penerapannya, PSBB memang tidak akan mengenakan sanksi pidana bagi kamu yang keluar rumah tanpa ada keperluan. Tapi coba dipikir-pikir mau ngapain kalian keluyuran tanpa tujuan atau jika pun ada tujuan seperti cari cafe untuk ngopi atau tempat untuk sekedar nongkrong. Percuma. Semua cafe dan tempat-tempat umum seperti taman ditutup atau dibatasi.

Dalam penerapan PSBB, pemerintah hanya membolehkan tempat penjual makanan seperti cafe atau restoran untuk hanya melayani pembelian take home atau dibungkus.

2. Cari kegiatan biar tidak stres, baca buku salah satunya

Ini Hal yang Bisa dan Gak Bisa Kamu Lakukan Saat PSBBFoto :  Pexels/Andrea Piacquadio

Cari kegiatan yang tidak bikin stres. Kalian bisa main game, main musik, nonton film di layanan streaming film seperti Netflix dan lainnya atau salurin hobi kalian yang lain. Tapi yang paling recomended adalah baca buku. Baca buku lebih baik ketimbang kalian terus-terusan menatap layar gadget kalian.

Namun, di era canggih seperti ini kalian juga bisa baca buku melalui gadget kok. Caranya? Pergilah ke Google. Perusahan alat pencarian internet terbesar di dunia ini menyediakan fitur atau aplikasi Google Book. Nah, silakan meluncur deh.

3. Kalau terpaksa harus keluar rumah, jalankan protokol pencegahan COVID-19

Ini Hal yang Bisa dan Gak Bisa Kamu Lakukan Saat PSBBFoto :  ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Tapi kalau kamu memang harus keluar rumah untuk suatu urusan penting semisal masih tetap harus bekerja, jalankan protokol pencegahan COVID-19.

Misal, selalu pakai masker, hand sanitizer, jaga jarak. Bahkan bila kamu punya dan perlu, pakailah sarung tangan di tempat umum.

4. Jangan boncengan!

Ini Hal yang Bisa dan Gak Bisa Kamu Lakukan Saat PSBBFoto : instagram.com/_maxpictures

Hal yang perlu kalian catat adalah, PSBB juga mengatur operasional kendaraan pribadi dan umum. Di antaranya tak boleh berboncengan untuk sepeda motor.

Nah, jadi jangan nekat boncengin pasangan kamu yah, apalagi sampai peluk pinggang segala. Kalau nekat, siap-siap aja deh diberhentikan oleh para petugas yang berjaga di jalan-jalan pada wilayah yang menjalankan PSBB.

Jangan nekat boncengin pacar ya guys, apalagi kalau kalian memang sebenarnya enggak punya pacar. Itu akan terlihat aneh!

BACA JUGA :  Jenuh Karena Work From Home, Ubah Posisi Duduk Hingga Bersyukur

5. Penumpang mobil pribadi dan transportasi umum juga dibatasi

Ini Hal yang Bisa dan Gak Bisa Kamu Lakukan Saat PSBBFoto :  ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Pembatasan jumlah penumpang juga ada pada kendaraan roda empat. Untuk mobil jenis sedan, tak boleh melebihi tiga orang dan jenis SUV maksimal empat orang.

Sementara untuk kendaraan umum diberlakukan pembatasan penumpang dengan cara mengurangi 50 persen dari daya tampung. Selain daya tampung, jam operasional kendaraan umum juga dibatasi beberapa wilayah menerapkan jam operasional dari pukul 06.00 sampai 18.00 dan sebagian wilayah dari pukul 05.00 sampai 19.00.

6. Setelah bepergian dan sampai rumah, langsung mandi yah guys. Jangan pegang apapun!

Ini Hal yang Bisa dan Gak Bisa Kamu Lakukan Saat PSBBFoto : Pixabay/Pexels

Jika kalian sudah sampai rumah atau kediaman kalian usai bekerja, jangan langsung melakukan kontak dengan orang di rumah atau pegang-pegang perabot di rumah!  Mandilah dulu, dan pakaian langsung cuci.

Seperti kita ketahui virus COVID-19 bisa bertahan di beberapa benda dan hal itu juga memungkinkan menempel ke pakaian kita. Sabun menjadi senjata ampuh membunuh virus yang satu ini.

7. Jaga kesehatan dengan olahraga

Ini Hal yang Bisa dan Gak Bisa Kamu Lakukan Saat PSBBFoto : Unsplash/huckster

Manfaatkan momen penting kalian keluar rumah untuk belanja atau sekedar beli makanan di minimarket sembari berolahraga.

Caranya? Kalian bisa berangkat dengan berjalan kaki, lari, atau bersepeda. Tapi jangan lupa tetap terapkan protokol pencegahan COVID-19 ya guys, dengan jaga jarak, cuci tangan pakai masker dan sebagainya.

8. Menikmati udara segar dan hangatnya mentari

Ini Hal yang Bisa dan Gak Bisa Kamu Lakukan Saat PSBBFoto : Pixabay.com/Free-Photos

Selain olahraga kalian juga bisa sambil menikmati udara luar yang segar dan hangatnya mentari loh. Terus menerus menjalankan aktifitas di rumah kadang membuat kita rindu dengan udara segar atau sekedar merasakan hangat mentari.

So, momen belanja itu bisa kalian manfaatkan juga. Jadi, sudahkah kalian berkeringat hari ini?

9. Tahan rindu di Lebaran tahun ini

Ini Hal yang Bisa dan Gak Bisa Kamu Lakukan Saat PSBBFoto : Pinterest

Mudik adalah sesuatu yang sangat tak dianjurkan dalam masa wabah pandemi COVID-19. Kenapa? virus ini tak hanya menjangkiti manusia dengan gejala tapi juga tanpa gejala. Artinya meski kondisi fisik kalian terlihat prima, tetapi bisa saja kalian membawa virus tersebut di dalam tubuh kalian atau istilahnya bernama carrier.

So, tahan rindu kalian kepada orangtua di kampung atau kamu yang juga yang sedang menjalani hubungan jarak jauh dengan pasangan kalian tahan juga yah! Toh untuk mengobatinya kalian bisa menggunakan sambungan internet yang semakin hari semakin banyak menawarkan variasi fitur berkomunikasi jarak jauh.

Makan paling enak kalau lagi lapar, ketemu juga paling enak kalo lagi kangen. Tahan rindunya. Berat sih, tapi kamu pasti bisa….